Dua Kunci Utama Hubungan Langgeng Menurut Ahli

Ilustrasi pernikahan.
Sumber :
  • Pixabay/unsplash

VIVA.co.id – Apa yang membuat hubungan langgeng pada setiap pasangan mungkin berbeda-beda, tapi ternyata ada dua cara kunci untuk menjaga hubungan Anda tetap harmonis.

Respon Han So Hee Soal Reaksi Hyeri: Memang Lucu Pacaran Setelah Putus?

Robert Epstein dari University of the South Pacific Fiji pun melakukan penelitian untuk mengetahui apa saja dua kunci itu.

Laporan tahun 2013 menemukan bahwa sebenarnya ada tujuh keterampilan kunci yang dibutuhkan untuk membangun hubungan yang kuat dan bahagia, yaitu komunikasi, keterampilan hidup, manajemen diri, pengetahuan tentang pasangan Anda, hubungan seks, manajemen stres, dan resolusi konflik.

Jadi Tersangka Kasus Korupsi, Ini Perjalanan Cinta Harvey Moeis dan Sandra Dewi

Tapi, setelah mengulangi penelitian ini tahun lalu, Epstein menemukan bahwa, dari ketujuh kunci ini, ada dua yang paling berpengaruh.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa rahasia hubungan yang sehat berada pada penguasaan komunikasi dan meningkatkan pengetahuan Anda tentang pasangan Anda.

Kian Romantis, Nikita Mirzani dan Rizky Irmansyah Tertangkap Kamera Lakukan Hal ini

Ini mungkin sudah sering terdengar, tapi setelah menanyakan lebih dari 2.000 orang dewasa, penelitian ini mengungkapkan bahwa mereka yang memiliki nilai tinggi dalam dua hal ini adalah orang yang paling puas dengan pasangan mereka.

Penelitian ini juga menemukan bahwa dengan menguasai dua hal ini secara spesifik, sisa dari ketujuh keterampilan lainnya akan ikut meningkat juga.

Lantas, apa yang mesti Anda lakukan?

Dilansir laman The Independent, saat berhubungan dengan komunikasi, Anda harus menghindari frase seperti, "Kamu selalu" atau, "Kamu tidak pernah", karena frase tersebut bisa terdengar menyakitkan. Lebih baik, suarakan keprihatinan Anda dengan hati-hati menggunakan pernyataan seperti, "Saya merasa seperti tidak dihargai ketika...".

Dengan begitu, pasangan Anda tidak akan menjadi defensif dan merasa benar-benar disalahkan.

Begitu juga dengan mengenal pasangan Anda melebihi apa yang sudah terlihat jelas. Bukan hanya mengingat hal-hal seperti film favoritnya, tapi juga mengetahui apa yang membuatnya merasa disayangi.

Inilah kenapa komunikasi sangat penting karena, sekali Anda memahami bahasa cinta pasangan Anda, Anda bisa membuatnya merasa lebih puas dengan hubungan.

Apakah itu dengan mengucapkan secara verbal kalimat 'Aku cinta kamu', atau memberikan dia perhatian penuh, kesadaran apa yang paling dibutuhkan pasangan agar dia merasa cinta adalah kuncinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya