Mengenal Dark Shadows, Fenomena Kulit Gelap di Lipatan Tubuh

Ilustrasi ketiak
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Kulit merupakan organ tubuh manusia yang paling luas. Bagian ini sering menjadi fokus dalam hal perawatan, baik wanita maupun pria. Tidak heran karena kulit yang bersih dan sehat mencerminkan pribadi seseorang.

Namun, ada kerusakan kulit yang sering dialami oleh banyak orang. Salah satunya adalah dark shadows atau timbulnya area gelap pada kulit.

Dermatologis dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp.KK, mengatakan bahwa dark shadows biasanya terjadi akibat pigmentasi yang berlebih atau gesekan konstan yang terjadi antar kulit.

"Penggelapan kulit juga terjadi akibat iritasi, produksi keringat atau gesekan pakaian dan kulit," katanya saat ditemui dalam acara Re-Launching Satto Whitening C-Scrub di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu, 13 Mei 2015.

Dark shadows, lanjut Kardiana, biasa terletak di bagian lipatan pada tubuh yang sering terjadi gesekan, seperti ketiak, bokong, leher, siku tangan, kaki, dan selangkangan.

"Gesekan itu namanya abrasi bisa membuat iritasi menjadi hiperpigmentasi kulit," tambah dokter yang juga seorang dosen ini.

Selain karena gesekan, ada beberapa hal yang menjadi penyebab dark shadows, apa saja?

Obesitas

Obesitas atau kegemukan bisa menimbulkan dark shadows pada tubuh. Biasanya timbul di bagian leher dan lekukan-lekukan tubuh. "Obesitas bisa dihitung, kalau massa berat tubuh (BMI)-nya lebih dari 30 atau 25 untuk orang Indonesia, berarti dia obesitasi," kata dr. Kardiana.

Gesekan

Gesekan atau friction merupakan kondisi dimana terjdi penumpukan lemak di daerah tertentu. Hal ini tidak hanya karena gemuk, tapi juga gesekan antar paha atau selangkangan dengan celana dalam.

Ketidakseimbangan hormon

Ini biasanya dialami oleh para wanita usai melahirkan atau yang menggunakan alat kontrasepsi oral dan suntik.

Heboh Tren Make-up Pokemouth di Media Sosial

Akantosis nigricans

Kelainan kulit yang disebabkan adanya ganguan kadar insulin yang menyebabkan kulit kehitaman. (ren)

Masker Aspirin Mampu Bersihkan Pori-pori Wajah
Ilustrasi sunblock.

Tips Merawat Kulit saat Musim Hujan

Disarankan tetap memakai tabir surya.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016