Kombinasi Cantik Koleksi Batik Bali dengan Sentuhan Tionghoa

Koleksi busana batik Adjie Notonegoro
Sumber :
  • Viva.co.id/Nuvola Gloria

VIVA.co.id – Perancang busana Adjie Notonegoro kembali mengeluarkan karya terbaru dengan ide cemerlangnya. Terinspirasi dari Indonesia bagian timur, dia  menciptakan lima koleksi batik.

Cantiknya Batik Sekar Arum Sari, Resmi Jadi Seragam Baru Jemaah Haji Indonesia 2024

Adjie mengatakan bahwa untuk koleksinya kali ini ada yang beda dibanding sebelumnya. Itu karena dia menyertakan nuansa Tionghoa dalam rancangannya.

"Saya terinspirasi dari kecantikan Indonesia bagian Timur, yakni Bali. Batik dengan motif Bali, namun dengan dandanan China," tuturnya kepada VIVA.co.id.

Didiet Maulana: Shopee Buktikan Batik Lokal Juga Layak Ekspor

Sebelumnya, dia sudah menciptakan rancangan yang terinspirasi dari daerah lain, seperti Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan lainnya yang memikat hatinya. Sementara koleksinya kali ini dipersembahkan untuk acara kondangan peranakan Tionghoa.

Acara tersebut belum lama ini digelar untuk kali ketiga oleh The Association of Peranakan Tionghoa Indonesia (Aspertina). Dalam produksinya, Adjie tidak menggunakan tambahan lain lantaran batik sudah memiliki motif yang cantik.

Makna 8 Motif Batik Nusantara, Dianggap Senjata Hingga Simbol Cinta dalam Pernikahan

"Saya tidak menggunakan payet sama sekali, karena ini batik utuh, sehingga tidak ada kendala," ucapnya.

Adapun warna dalam koleksinya, kombinasi antara burgundy, gold, hitam, silver, emerald dan kuning-merah. Dan model yang mengenakan koleksinya didandani, dengan aksesori ala Jawa, serta sarung tangan buatan sendiri.

"Ada motif bunga kamboja juga dengan dandanan rambut ala Tionghoa, mata modelnya dibikin sipit dengan rona lipstik merah," ujar Adjie.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya