Youtuber Nekat Bikin Video Minum Sianida

Youtuber Cody Don nekat minum sianida
Sumber :
  • Youtube

VIVA.co.id – Ada banyak cara para Youtuber mencuri perhatian netizen di dunia maya, mulai dari membuat video lucu hingga berbagai macam video tutorial.

Sang Anak Minta Transfer Uang ke Jemaat, Sumber Penghasil Pendeta Gilbert Jadi Sorotan

Begitu pun dengan salah seorang Youtuber bernama Cody Don, yang memiliki channel Youtube Cody's Lab. Dalam videonya, Cody menaburkan sianida ke dalam segelas air dan meminumnya hanya demi mengedukasi para penontonnya mengenai reaksi senyawa di dalam tubuh.

Di video tersebut terlihat Cody menuangkan 17 miligram (mg) sianida dan kemudian meminumnya. Tak lupa Cody juga menampilkan peringatan dalam videonya bahwa ini tidak patut dicoba sendiri.

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

"Rasanya seperti soda kue," kata Cody dalam videonya seperti dikutip Independent.co.uk, Minggu 23 Oktober 2016.

Kemudian dia melanjutkan penjelasannya. Ia mengatakan kalau tubuhnya mulai tremor, khususnya di tangan, dan napasnya perlahan mulai cepat. Cody menjelaskan kalau itu akibat sianida menghambat kemampuan tubuh untuk menyerap oksigen.

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

Cody kemudian menjelaskan kepada penontonnya bahwa dosis yang diminumnya sangat kecil dan tidak membahayakan. Dosis mematikan untuk seseorang yang berukuran tubuh sepertinya membutuhkan sekitar 300 mg sianida.

Bahkan, dalam beberapa jenis makanan seperti kacang-kacangan dan biji-bijian termasuk almond juga terdapat sedikit sianida di dalamnya. Itu artinya, lambung kita sudah dilengkapi pelindung untuk menangkal senyawa berbahaya itu.

"Yang menjadikannya racun bukanlah fakta bahwa itu zat kimia berbahaya, tapi dosisnya," ujar Cody.

Karena hati akan menghancurkan dosis kecil sianida yang diminumnya itu dalam waktu sekitar 10-15 menit. Seseorang secara teoritis dapat mengonsumsi dosis kecil senyawa ini selama sehari dan tidak membahayakan, meskipun hal ini tidak direkomendasikan.

"Ini dia, saya minum sianida dan tidak meninggal dunia," kata Cody.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya