Pandai Kelola Keuangan, Kurangi Kadar Kecemasan di Masa Tua

Ilustrasi Kalkulator
Sumber :
  • Pixabay/ WerbeFabrik

VIVA.co.id – Orang-orang yang memiliki pemahaman lebih tentang mengelola keuangan cenderung mengumpulkan lebih banyak aset dan pendapatan selama hidup mereka. Sehingga kelompok ini tidak terlalu resah menghadapi masa tua.

6 Tips Keuangan Hemat dan Berkah di Bulan Ramadhan

Fakta tersebut disampaikan oleh sebuah studi yang baru-baru ini dilakukan. Yoshihiko Kadoya, Asosiasi Profesor di Hiroshima University di Jepang mengungkapkan bahwa literasi finansial meningkatkan kesadaran tentang produk keuangan, membangun kapasitas untuk membandingkan semua pilihan keuangan yang tersedia, dan perubahan perilaku keuangan.  

Untuk penelitian ini, para peneliti diminta orang-orang dari seluruh Jepang untuk menjawab pertanyaan untuk menilai keterampilan perhitungan, pemahaman perilaku harga, dan surat berharga keuangan seperti obligasi dan saham.

Mau Kaya di Usia Muda? Ini Tips Jitu untuk Milenial dan Gen Z

DIlansir dari laman Indian Express, responden juga ditanya tentang kekayaan mereka, akumulasi aset, dan gaya hidup untuk menilai tingkat kecemasan perasaan mereka tentang kehidupan di atas usia 65 tahun.

Penelitian yang juga dipublikasikan dalam Journal of Risk Research ini menyebutkan bahwa laki-laki, dan orang-orang dengan tingkat pendidikan yang lebih tinggi diketahui lebih memahami tentang masalah finansial daripada perempuan dan orang-orang dengan pendidikan rendah.

5 Tips Kelola Laporan Keuangan dengan Efektif, Biar Bisnis Makin Cuan!

Para peneliti juga menemukan bahwa pemahaman finansial yang lebih baik, membuat seorang dapat mengumpulkan lebih banyak uang selama hidup mereka, dan dengan demikian tidak khawatir pada masa tuannya.

Hal ini juga berarti bahwa literasi finansial membantu membentuk persepsi masyarakat terhadap risiko dan ketidakpastian. Hal ini membuat mereka lebih mampu dan percaya diri dalam menangani masalah kehidupan.

Ilustrasi menabung.

Generasi Muda Harus Cerdas Finansial Dalam Menabung dan Kelola Keuangan

Sebagai generasi penerus bangsa dengan akses yang luas terhadap produk dan layanan keuangan, anak muda seharusnya bisa lebih bijak merencanakan serta mengelola keuangan. 

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024