Ketahui Bahaya Kapas Pembersih Telinga

Ilustrasi Telinga.
Sumber :

VIVAlife - Telinga adalah bagian tubuh yang rutin dibersihkan, terutama dari kotoran di dalam telinga bagian dalam. Alih-alih membuat tubuh menjadi lebih bersih, aktivitas ini berbahaya bagi tubuh.

Arema FC Langsung Tatap Laga Lawan PSS 

"Kotoran telinga yang disebut cerumen sebenarnya bertujuan menjaga saluran telinga Anda bersih," kata Douglas Backous, MD, Direktur di Swedia Neuroscience Institute di Seattle.

Selain membantu menjaga debu dan kotoran dari gendang telinga, kotoran telinga mengandung bahan antibakteri dan pelumas.

Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini

Salah satu keajaiban tubuh yang terjadi pada indra pendengaran manusia adalah mereka dapat membersihkan diri sendiri. Setelah kotoran telinga mengering, setiap  terjadi gerakan rahang, kotoran akan naik ke permukaan telinga sehingga mudah dibersihkan saat mandi. 

Memasukkan kapas pembersih mungkin dianggap membersihkan telinga. Kenyataannya, cotton bud mengaduk-ngaduk cerumen dan mendorongnya jauh ke dalam telinga. Walhasil cerumen akan terjebak di area yang tak dapat dibersihkan.

Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping

"Kotoran telinga yang terjebak dan terakumulasi dalam telinga luar berpotensi menyebabkan rasa sakit dan infeksi," kata Backous.

Penggunaan kapas pembersih telinga juga dapat memblokir saluran telinga, dan menyebabkan gangguan pendengaran. Bila didorong terlalu jauh, bahkan bisa menyebabkan gendang telinga pecah.

Telinga yang sering dibersihkan, kata Backous akan terasa lebih sering gatal. Sebab saat menggosok kulit telinga, kulit akan melepas histamin yang membuat kulit teriritasi dan meradang sehingga terasa makin gatal. Ditambah lagi, kapas bisa menghilanngkan pelumas dari kotoran telinga sehingga membuatnya makin kering dan menempel di dalam telinga. 

Backous menekankan, membersihkan telinga sebaiknya hanya dilakukan di bagian cuping dan bukan di bagian dalam. "Tidak ada gunanya memasukkan sesuatu ke dalam telinga," katanya seperti dimuat Huffington Post.

Selain kapas pembersih telinga, lilin pembersih telinga juga tidak dianjurkan penggunaannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya