Ingin Tidur Nyenyak, Jangan Lakukan Hal Ini

Matikan lampu saat tidur, solusi usir badan pegal di pagi hari
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Memiliki tidur yang cukup dan berkualitas adalah hal yang sangat mahal harganya. Apalagi, bila seseorang memiliki kesibukan yang padat dan membutuhkan tidur cukup, untuk mengoptimalkan diri saat sedang beraktivitas.

Pantangan yang Harus Dipatuhi Sebelum Tidur

Namun, kualitas tidur seringkali terganggu dengan masalah seperti insomnia, sleep apnea dan gangguan tidur lain yang bisa disebabkan oleh beberapa hal. Apa saja? Berikut informasinya, menurut laman EverydayHealth.

Mandi

Untuk Anda yang pulang larut setelah bekerja, mandi dengan air hangat pasti akan sangat melegakan dan membuat tubuh rileks. Namun, terlalu sering mandi di malam hari dapat menyebabkan risiko gangguan pada otak. Selain itu, mandi dapat membuat tubuh segar dan tidak mengantuk, oleh karena itu kebiasaan mandi sebelum tidur sebaiknya tidak dilakukan.

Melahap cokelat

Jokowi Minta AHY Selesaikan 2.086 Hektar Lahan Bermasalah di IKN Tanpa Ada Korban

Cokelat memiliki kandungan kafein yang tidak baik bila dikonsumsi sebelum tidur. Hal ini yang masih luput dari pikiran orang kebanyakan. Faktanya, satu papan kecil cokelat memiliki kandungan kafein setidaknya 10 miligram, belum lagi bila cokelat yang dikonsumsi mengandung kandungan gula dan susu. Anda bisa terjaga sampai matahari terbit.

Meminum banyak air

Memasok air putih ke dalam tubuh adalah hal penting. Namun, bukan berarti Anda harus meminum segelas besar air putih terus menerus, apalagi saat akan tidur. Hal ini akan meningkatkan intensitas ke kamar kecil saat tengah malam. Sangat mengganggu dan menyebalkan bukan? Untuk itu, bila tak ingin terjaga di malam hari karena bolak-balik ke kamar mandi, usahakan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi air putih sebelum terlelap.

Mutia Ayu Cerita Kedekatan Sang Putri dengan Marthino Lio Pemeran Glenn Fredly


Olahraga malam

Anda yang tak memiliki banyak waktu olahraga di pagi maupun sore hari, pasti akan memilih untuk melakukannya di malam hari. Hal ini baik, karena olahraga malam bisa menyembuhkan insomnia dan masalah tidur lain. Namun, bila olahraga terlalu berat dan dilakukan terlalu larut, maka bukan rasa kantuk yang muncul, namun tubuh akan terjaga sepanjang malam. Cobalah melakukan olahraga yang ringan dan tidak lebih darim jam 8 malam, jika lebih maka siapkan diri untuk segar dan terjaga hingga pagi tiba.

![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya