Yuk Liburan Sehat di Bogor Organic Fair

Produk organik di Bogor Organic Fair
Sumber :
  • VIVAnews/Anda Nurlaila

VIVAlife - Merencanakan liburan akhir pekan yang lebih sehat? Kunjungan ke Bogor Organic Fair keempat (BOF4) bisa jadi pilihan bersama keluarga. Selama tiga hari, 14-16 November 2014, Bogor Organic Fair berlangsung di Lapangan Sempur Bogor. 

Kemenangan Prabowo-Gibran Diharap Jadi Peluang Kembangkan Ekonomi Berbasis Laut

Tahun ini, BOF4 menekankan pentingnya pertanian keluarga untuk menghasilkan pangan organik dan lokal yang sehat sesuai dengan pencanangan 2014 sebagai tahun Pertanian Keluarga oleh Badan Pangan Dunia, FAO. 

Hidup sehat dengan bahan makanan organik bagi sebagian orang mungkin terlihat sulit. Tetapi, pertanian organik ternyata bisa dilakukan siapa saja bahkan pada lahan  terbatas seperti di halaman rumah. 

EVOS dan Pop Mie Rayakan 6 Tahun Kolaborasi, Perkuat Komitmen untuk Majukan Esport Indonesia

Salah satu stan di BOF4 adalah SEPAK yang berasal dari Kediri dengan aneka olahan makanan organik. Ada berbagai keripik dari sayuran organik dan makanan ringan yang diproduksi anggota PKK dari berbagai daerah di Jawa Timur. 

"Para anggota kami tersebar dan umumnya kami menanam sayur dan buah organik di halaman rumah mereka," ujar perwakilan SEPAK, Tanti. 

Pembunuhan di Wonogiri Ternyata Motifnya Sakit Hati, Korban Tidak Boleh Balikan dengan Mantan

Dia mengutarakan, sebagian produk organik kelompoknya dibuat berdasarkan pesanan. Hasilnya mampu meningkatkan kesejahteraan anggota. "Pertanian organik bisa dilakukan dimanapun walaupun lahan tidak luas," katanya. 

Salah satu produk andalannya adalah kripik paru dengan penampilannya mirip dengan dendeng atau paru sapi. Namun sesunguhnya keripik renyah ini berasal dari daun singkong yang diolah sedemikian rupa. Ada pula kue-kue kering dari tepung yang tidak umum digunakan seperti tepung talas. 

Di stan lain, Bogor Berkebun misalnya, memperkenalkan pertanian kepada anak sejak dini. Pengelola Bogor Berkebun, Ir Wilma mengatakan, pihaknya menyediakan program liburan edukasi berupa pengenalan pertanian bagi anak usia pra sekolah dan sekolah. Tujuannya, anak lebih mengenal proses sejak penanaman sampai produk pertanian siap diolah menjadi bahan makanan. 

"Materinya disesuaikan dengan usia anak. Selain itu anak juga diajak untuk merasakan sendiri bagaimana menanam dari biji sehingga mereka lebih menghargai makanan," ujar Wilma. 

Di stannya, Wilma menyediakan berbagai suvenir berupa tanaman yang dikemas dalam berbagai media tanam unik seperti bambu, hingga botol kecil.

Selama tiga hari, pengunjung
Bogor Organic Fair
dapat mengunjungi berbagai stan dengan produk organik seperti buah dan sayur, makanan olahan dan makanan ringan dari produk organik,kopi organik dan produk daur ulang seperti aneka hiasan dari kertas
quiling
dan kerajinan dari kertas koran.

Pengunjung juga mengunjung klinik organik untuk mengetahui seluk beluk pertanian organik, belajar membuat dan menyajikan minuman sehat dari madu, smoothies, dan jus, membuat permen dari sari buah, atau membuat kerajinan dari kertas daur ulang.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya