Sensasi Kemah Berfasilitas Bintang Lima

Legok Kondang Lodge
Sumber :
  • D'Photoshoot via facebook.com/pages/Legok-Kondang-Lodge

VIVA.co.id - Berlibur sambil menikmati fasilitas hotel bintang lima tentu sudah biasa. Yang tidak biasa itu, jika menikmati liburan sambil berkemah. Namun fasilitasnya bintang lima, seperti yang menjadi tren saat ini.

Sekadar diketahui, berkemah sebagai aktivitas rekreasi mulai populer pada awal abad ke-20. Kegiatan ini juga umumnya disertai dengan kegiatan rekreasi luar ruangan lainnya, seperti mendaki gunung, berenang, memancing, bersepeda, berkebun, dan sebagainya.

Menikmati alam terbuka dengan berkemah atau kamping bersama keluarga kini pun semakin mudah. Sebab kini ada sejumlah resor yang menawarkan pilihan untuk menikmati sensasi liburan di alam terbuka, namun tetap aman dan nyaman.

Meski menggunakan tenda, tak perlu lagi khawatir gigitan nyamuk, ataupun incaran hewan buas. Sebab, fasilitas berkemah yang disediakan layaknya menginap di hotel bintang lima.

Jika Anda merencanakan liburan di alam terbuka, berikut pilihan tempat berkemah yang menawarkan sensasi ala bintang lima itu.

Legok Kondang Lodge

Menikmati Sensasi Berkemah Tema Alam Futuristik

Legok Kondang Lodge

Berada di Ciwidey, Legok Kondang Lodge sangat terkenal dengan panorama alamnya yang indah dan eksotis. Legok Kondang Lodge sangat cocok untuk acara kamping atau berkemah ala modern tetapi dengan suasana perkampungan.

Bangunan yang terbuat dari tenda besar dan bangunan kayu serta dikelilingi pepohonan membuat orang yang berkunjung menjadi betah tinggal di tempat tersebut.  Semua material dari tempat ini sangat kuat, tidak seperti tenda perkemahan biasa.

Keunikan tempat ini adalah tenda-tenda yang berbaris berisikan tempat tidur, toilet dan kamar mandi.  Persis di depan tenda terdapat kolam besar. Pengunjung bisa bersantai duduk-duduk di kursi sambil menghadap ke arah kolam.

Tempat ini keseluruhnnya memiliki 16 tenda yang meliputi family room sebanyak empat kamar, dan 12 kamar berukuran standar. Untuk family room tersedia satu tenda yang di dalamnya terdapat dua kamar dan dua kamar mandi, dilengkapi televisi dan lemari.

Untuk ukuran standar memiliki satu kamar tidur dan kamar mandi, ditambah televisi dan lemari.

Dengan luas area perkemahan sekitar tiga hektare, banyak kegiatan yang dapat dilakukan di sini seperti outing, menaman buah, memberi makan kelinci, dan masih banyak lagi. Yang tentunya menyenangkan jika Anda menikmatinya bersama keluarga.

"Tempat ini juga menyediakan mobil wisata untuk perjalanan sekitar Bandung Selatan seperti ke Kawah Putih," kata pemilik Legok Kondang Lodge, Marcel, kepada VIVA.co.id.

Muatan mobilnya, lanjut Marcel, berisikan 10-12 orang. Untuk menikmati perjalanan dengan mobil ini, pengunjung harus mengambil paket yang telah tersedia.

Jika kurang puas dan ingin benar-benar merasakan berkemah sungguhan,  Anda bisa meminta pengelola  menyediakan api unggun dan menikmati barbeque bersama teman atau sanak saudara dengan tambahan Rp120 ribu per orang.

Untuk dapat menginap di tempat ini para pengunjung dikenakan biaya  Rp 1.050.000 per tenda dengan kamar standar dan Rp 1.750.000 untuk tenda kamar family. Harga ini tidak berubah walaupun hari raya dan liburan nasional.

Dusun Bambu

Rasakan Sensasi Berkemah di Delapan Tempat Ini

Dusun Bambu

Merupakan tempat wisata alam yang terletak di kaki Gunung Burangrang, Lembang dan memiliki luas sekitar 15 hektare.

Tempat ini menyajikan area wisata yang dilengkapi dengan restoran, vila dan fasilitas lainnya seperti Pasar Khatulistiwa dan Tegal Pangulinan.

Dusun Bambu  semula adalah lahan yang ditinggalkan para petani dalam keadaan yang memprihatinkan. Pada tahun 2008 sekumpulan pengusaha Indonesia berinisiatif memperbaiki ekosistem lahan yang rusak ini, dan menjadikannya sebuah surga wisata dan lahan konservasi bambu.

Berangkat dari kesuksesan Kampung Daun Cultural Gallery and Cafe, Dusun Bambu pun memiliki konsep yang mengedepankan keindahan alam yang hijau. Proyek Dusun Bambu dimulai dengan melakukan penghijauan melalui penanaman lebih dari 100 ribu pohon di Dusun Bambu dan area sekitar untuk mengembalikan surga yang telah hilang.

Dusun Bambu membuka pintu pertama pada 16 Januari 2014, dihadiri berbagai pemuka masyarakat dan pengusaha serta masyarakat lokal.

Para pencinta alam dan petualang, kini bisa merasakan petualangan dan pengalaman menikmati malam di tengah sejuknya udara pegunungan dengan berkemah di Dusun Bambu, yang tentunya akan memberikan pengalaman tersendiri berwisata di salah satu tempat wisata favorit di Bandung Utara.

"Kami menyediakan cottage atau vila dengan berbagai tipe sesuai kebutuhan. Untuk harga kami berikan per orangnya Rp1.046.000. Harga tersebut sudah termasuk coffebreak, makan tiga kali, games, dan masih banyak lagi," ujar Retha selaku pihak marketing Dusun Bambu.

Beragam aktivitas dapat  dilakukan di sini, seperti bersepeda sambil menikmati sejuknya udara pegunungan Lembang, kamping dan kegiatan luar ruang lainnya.



Bella Campa

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

Bella Campa mempunyai arti tempat yang indah dan memesona. Tempat indah ini memiliki desain lanskap serta bangunan yang unik. Pengunjung bisa menikmati keindahan alam sekitarnya yang dilengkapi dengan lingkungan hijau dan luas, serta penginapan dan fasilitas pendukung berbagai kegiatan.

Berada di lingkungan hijau dengan luas lebih dari empat hektar dan memiliki berbagai wahana permainan, Bella Campa dapat ditempuh dalam waktu siangkat dari Jakarta dan dekat dengan pusat bisnis.

Hanya memerlukan waktu sekitar satu jam ke arah puncak melalui tol Jagorawi. Jika dari Simpang Gadog hanya perlu waktu sekitar 25 menit untuk sampai ke area ini.

Tempat wisata alam terbuka ini didesain untuk rekreasi dan  edukasi bagi semua usia, baik perorangan, klub, organisasi, siswa sekolah atau karyawan perusahaan sehingga terbentuk pribadi-pribadi mandiri, kreatif dan percaya diri.

Untuk fasilitas, Bella Campa memiliki room meeting, kolam renang, vila dan hotel, lapangan luas, pendopo dan area parkir.

Untuk tipe kamar ditawarkan antara lain tipe Alamanda, Bogenville, dan Dahlia.  Bella Campa bisa menampung sekitar 200 orang untuk menginap dan 350 orang untuk kegiatan satu hari.

"Biaya di Bella Campa per orang dikenakan Rp565.000 per malam. Semuanya sudah lengkap dari makanan tiga kali sehari, snack, dokumentasi foto, serta aktivitas lain meliputi outbond," ujar EO Bella Campa, Neo Managemen.



Wisata Kampung Areng

Kota Bandung memang memiliki kekayaan alam yang didukung dengan udara yang yang sejuk dan panorama yang eksotik serta menawarkan berbagai atraksi wisata untuk kegiatan outbound.

Salah satunya adalah Kampung Areng yang berada di, Cibodas, Lembang, Bandung. Kawasan ini berada di ketinggian sekitar 1.200 dari permukaan laut. Area ini sengaja ditata dengan penataan lanskap secara natural yang mengoptimalkan potensi pegunungan dengan suasana sejuk.

Tempat ini sangat terkenal dengan Program Gathering - Outing - Outbound yang kental dengan kehidupan perkampungan Lembang dengan kemasan konsep yang unik, seru.

Pemandangan pegunungan yang hijau, perkampungan masyarakat, perkebunan sayuran, buah atau bunga, peternakan sapi serta berbagai aktivitas keseharian masyarakat menjadi kemasan wisata outbound di Kampung Areng, Cibodas, Lembang.

Berbagai kegiatan yang ditawarkan di Kampung Areng antara lain paket ekowisata outbound tanpa menginap dan paket Life - In Program, paket dengan menginap di rumah penduduk (homestay).

Paket Gathering Outbound dikemas dengan permainan yang kental dengan aktivitas keseharian masyarakat di kampung ini, seperti memandikan Sapi, memerah susu sapi, mengantar susu ke penampungan, memberi makan sapi, ronda malam, masak dengan hawu (alat masak khas kampung), makan bersama dengan menu kampung), dan belajar kesenian tradisional.

Selain homestay, tempat ini juga menawarkan wisata sambil berkemah dengan tenda di dekat lembah dimana setiap orang dapat merasakan lebih dekat dengan alam. Lokasi tempat ini tidak begitu jauh dari Kampung Areng.

"Untuk biaya homestay kami kenakan biaya per orang per malam sekitar Rp850 ribu dan jika berkemah dikenakan biaya per orang per malam Rp900 ribu," ujar pihak marketing Kampung Areng, Adjie.

Fasilitas yang didapat semua lengkap, mulai dari makan tiga kali sehari, program ekowisata, dan kegiatan lainnya.

TanaKita 5 Star Camp

Tanakita

Sebuah tempat kamping yang terletak di depan Taman Nasional Gede Pangrango, Kadudampit, Cisaat, Sukabumi. Berada di kaki gunung, Tanakita memiliki ketinggian 1.100 dari permukaan laut.

Dengan kondisi cuaca rata-rata 20 –22 derajat celsius siang hari, 18–20 derajat celsius untuk malam hari, dan kelembapan 85 persen, Tanakita adalah tempat ideal untuk berkemah.

Fasilitas yang disediakan sangat nyaman. Menawarkan pengalaman berada di alam terbuka tanpa harus repot dengan peralatan-peralatan pendukung, seperti tenda, matras hangat, sleeping bag, karena semuanya sudah disediakan.

"Untuk satu tenda berisi lima orang, kami kenakan biaya sekitar Rp550.000 per orang untuk per malamnya," kata pihak marketing Tanakita, Piping, kepada VIVA.co.id.

Biaya itu, kata dia, sudah termasuk makan tiga kali sehari, snack dua kali, dan aktivitas trekking danau dan air terjun. "Untuk berkunjung ke tempat ini,  lakukan reservasi terlebih dahulu seminggu sebelumnya agar kami siapkan tendanya," ujar Piping.

Selain berkemah, sejumlah aktivitas  tersedia, mulai dari pagi saat bangun tidur sampai malam hari menjelang tidur. Area ini memiliki luas sekitar 2 hektare dengan kapasitas 200 orang. Tanakita dikelola Rakata Adeventure dan dapat ditempuh dari Jakarta sekitar 3 jam.

Kegiatan paling populer di sini adalah tubing, yaitu atraksi yang menggunakan ban dalam, seperti arung jeram namun sendirian. Pengunjung akan dilepas menyusuri sungai kecil Cigunung.

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya