Perancis Manfaatkan Lendir Siput untuk Produk Kosmetik

Facial siput
Sumber :
  • Daily Mail
VIVAlife-
Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari
Masyarakat Perancis sudah sejak lama terkenal menyukai kudapan siput. Hanya dengan dimasak menggunakan mentega dan bawang putih, kelezatan daging siput sudah bisa dirasakan.

Buang Kutukan 0 Trofi, Harry Kane Harus Bawa Bayern Munich Juara Liga Champions

Namun, bagi seorang petani dari sebuah pedesaan di Perancis meyakini, bahwa moluska ini memiliki lebih banyak manfaat, tak hanya sekedar sebagai panganan bergizi dan berpotein tinggi.
Profil Putri Isnari, Pedangdut yang Dilamar Anak Pengusaha dengan Uang Panai Rp2 M


Louis-Marie Guedon menyatakan, lendir yang disekresikan atau dihasilkan oleh siput mengandung tinggi kolagen, asam glikolat, antibiotik dan senyawa lain yang mampu meregenerasi sel kulit dan menyembuhkan luka.


Guedon, dari Champagnolles di wilayah Charente-Maritime, percaya, lendir siput bisa menjadi pertanda untuk revolusi kosmetik dan telah mengembangkan teknik rahasia untuk memanen lendir.


Seperti diberitakan
Reuters,
dia sibuk menciptakan inovasi. Menjadikan siput sebagai target inovasi pertamanya di Prancis. Ia akan mengembangkan industri dari ektraksi lendir siput, dan siap memamennya dengan target 15 ton tahun depan.


"Saya sudah pernah memproduksi lendir selama tiga tahun, tapi secara manual," kata Guedon, 47, yang telah membudidayakan siput selama seperempat abad.


Dia  bahkan sudah menandatangani tiga kontrak pasokan lendir dengan laboratorium kosmetik lokal dan perusahaan di Paris yang menjadikan lendir siput sebagai bahan kosmetik dalam produk kecantikan.


"Klien ini telah memesan tiga ton lendir," kata Guedon.


Dia menjual 25 juta siput bayi dalam setahun untuk petani bekicot di Perancis dan luar negeri.


Guedon  menyatakan biaya investasi ini mencapai € 130.000 ($ 170.200). Namun, ia mendapat bantuan subsidi usaha kecil dari pemerintah Perancis dan Uni Eropa.


Siput lendir telah lama dimanfaatkan sebagai bagian dari produk kecantikan yang dijual di Asia dan Amerika Selatan, namun belum berkembang di Eropa. Sebagai bukti bahwa lendir siput bermanfaat untuk mempercantik kulit, spa di Tokyo sudah banyak menawarkan facial menggunakan siput hidup. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya