Tips Menulis CV Kerja

ilustrasi wanita lamar kerja
Sumber :
  • iStock
VIVAlife - Secara profesional, resume atau Curriculum Vitae (CV) adalah cermin dari karier dan apa yang yang dapat Anda tawarkan dalam hal profesionalisme kepada calon atasan. Namun, CV yang penuh dengan kesalahan ketik, kesalahan informasi, dan berantakan tidak akan memberikan kesan yang baik bagi perusahaan incaran Anda. 
Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Berikut ini adalah beberapa tips yang berguna untuk diingat ketika membuat CV, seperti dilansir laman Times of India.
Doa Ibunda untuk Ernando Ari dan Indonesia U-23

Hindari kesalahan ketik
Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

Tidak ada yang akan mempertimbangkan CV Anda ketika terdapat kesalahan dalam penulisan kata.

"Salah ketik dan salah ejaan pada CV dapat membunuh calon perusahaan prospektif," ujar Meera Nair, seorang manajer senior HR.

Ia mengatakan bahwa sebuah CV adalah cara seseorang pertama kali memperlihatkan kemampuan mereka mencari kerja dan mempromosikan diri. Jika Anda tidak menganggap CV sebagai sesuatu hal yang penting dengan tidak teliti saat membuatnya, orang tidak akan percaya Anda adalah orang yang tepat untuk dipekerjakan.

Jangan berlebihan

Anda mungkin tergoda untuk melebih-lebihkan isi CV atau bahkan berbohong tentang masa lalu Anda. Tapi, ingat bahwa calon perusahaan yang akan memperkerjakan Anda memiliki alat untuk memverifikasi apa yang tertulis di CV.

"Kami selalu melakukan pemeriksaan latar belakang, melacak orang di media sosial dan melakukan panggilan untuk referensi sebelum mempekerjakan seseorang," menurut Vishwajit H, seorang manajer talent di sebuah situs pencarian lowongan pekerjaan.

Batasi halaman CV

Tidak ada yang menyebutkan seberapa panjang CV yang ideal selama Anda menuliskan segala informasi dengan benar. Namun, disarankan agar membatasi diri untuk hanya menulis maksimal hingga dua halaman. Hal ini karena orang-orang HRD tidak memiliki banyak waktu untuk membaca seluruh CV Anda.

Cobalah untuk merangkum kualifikasi, pengalaman karier, keterampilan, dan nilai-nilai yang ada dalam diri Anda secara singkat. Namun, pastikan juga Anda tidak melewatkan informasi penting dan menjaga agar CV tidak terlalu pendek.

Format sederhana

Lupakan font atau huruf yang aneh-aneh, teks warna-warni atau ukuran huruf yang kelewat besar atau kecil. Jaga format CV agar tetap sederhana, sehingga mudah dibaca dan menarik secara visual. Mencoba untuk memperindah CV Anda dengan format aneh hanya akan membuat siapa pun yang melihat sakit kepala.

Jangan menyalin CV orang lain

Jalan keluar yang mudah bagi sebagian orang saat ini adalah menyalin model CV teman atau rekan kerja mereka. Perlu Anda ingat bahwa CV bersifat pribadi. Ini adalah sesuatu yang berisi apa saja yang telah Anda capai dalam karier profesional Anda, sehingga tak seharusnya Anda menyalin CV orang lain dan mengganti beberapa kata dan informasi yang ada. (art)

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya