Tips Bahagia Jalani Kehidupan sebagai Ibu

Ibu dan anak.
Sumber :
  • iStock
VIVAlife - Dalam upaya untuk memenuhi tanggung jawab, baik dalam kehidupan pribadi dan profesional, banyak ibu yang lupa untuk memberi waktu kepada diri sendiri. 
Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Salah satu psikiater terkemuka di New Delhi, India, Samir Parikh menunjukkan bahwa ibu harus meluangkan waktu untuk beristirahat dan menyegarkan diri. Selain itu, fokus pada keseimbangan hidup dan menjadi diri mereka sendiri untuk bisa menikmati perjalanan sebagai seorang ibu. 
Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

Berikut ini adalah tips yang dapat membantu Anda, seperti dilansir Times of India, 23 Desember 2014.
Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus

Istirahat

Setiap orang berhak untuk beristirahat. Untuk seorang ibu, meluangkan waktu untuk beristirahat dan menyegarkan tubuh serta pikiran adalah hal yang penting. 

Mungkin Anda sering merasa banyak masalah yang terjadi jika Anda mengambil hari libur. Namun, dengan perencanaan yang efektif, hal itu tidak lah sulit. Memiliki waktu beristirahat yang cukup dapat membantu wanita menjadi seorang ibu yang lebih santai dan bahagia.

Hidup yang seimbang

Jika Anda adalah seorang ibu sekaligus wanita karier, mengelola pekerjaan dan memenuhi tanggung jawab keluarga secara efektif adalah tantangan bagi Anda. Terlalu banyak tanggung jawab mampu membuat siapa pun stres. 

Oleh karena itu, penting untuk memiliki keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan keluarga. Ketika Anda berada di tempat kerja, cobalah untuk tidak menyelesaikan tugas-tugas keluarga dan begitu pun sebaliknya. Ini strategi manajemen waktu yang efektif.

Menjadi diri sendiri

Setelah menjadi ibu, tanggung jawab seorang wanita mulai menumpuk dan ia cenderung melupakan berbagai aspek kepribadian diri. Jangan lupa bahwa Anda lebih dari hanya seorang ibu. 

Anda adalah seorang individu yang juga memiliki hobi, selera dan kepentingan. Penting untuk berinvestasi dalam diri Anda untuk kepuasan hidup.

Dukungan sosial

Banyak hal yang harus dikelola dan ditangani membuat seorang ibu lupa akan beberapa hal yang harus diperhatikan atau dilakukan. 

Nah, teman-teman dekat bisa menjadi orang yang dapat Anda andalkan ketika hal-hal luar biasa terjadi dalam hidup atau ketika Anda mengalami kesulitan. 

Terkadang, mengetahui bahwa Anda memiliki masalah yang tidak jauh berbeda dengan teman-teman dapat menjadi sumber kenyamanan yang menguatkan Anda.

Nikmati perjalanan

Pengalaman sebagai ibu adalah hadiah yang memiliki banyak pasang dan surut. Namun, ini adalah pengalaman unik yang mengubah diri Anda serta perspektif dan prioritas Anda. 

Penting untuk diingat bahwa menjadi seorang ibu adalah sebuah perjalanan yang harus dinikmati dan dijalani sepenuhnya. (art)

Baca juga:




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya