Cabai Manjur untuk Kuruskan Badan

Cabai.
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id -
PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang
Cabai adalah jenis tanaman palawija yang menjadi salah satu komoditi besar di Indonesia. Ia juga menjadi salah satu unsur dalam kekhasan bumbu masakan nusantara, mengingat makanan pedas adalah menu paling digemari sebagian besar masyarakat kita.

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

Namun, selain dapat menambah rasa makanan, ternyata cabai juga berkhasiat untuk menurunkan berat badan. Ya, karena makanan pedas mampu meningkatkan sistim metabolisme tubuh yang kemudian keluar bersama keringat. Namun apakah Anda tahu unsur apa dari cabai yang bekerja dalam peningkatan sistim metabolisme tubuh itu?
Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Singgung Lahan 3 Ribu Hektare di Musrembang


Adalah capcaisin, asal muasal rasa pedas yang ada pada cabai, yang berfungsi melancarkan sistim metabolisme dan membakar kalori. Para peneliti percaya, kandungan capcaisin dalam cabai bisa menjadi solusi bagi Anda, yang sulit menurunkan berat badan karena godaan makanan.


Dengan mengkonsumi makanan pedas, lemak dalam tubuh dapat terbakar dan keluar bersama sisa metabolisme tubuh, dalam bentuk keringat. Harian
DailyMail
melansir, capcaisin dalam cabai mampu mengaktifkan beberapa reseptor vanilloid 1, yang terdapat pada lemak, dan merangsang adanya pembakar lemak, pada bagian yang memiliki reseptor tersebut.


Hasilnya, lemak akan mudah terbakar dan keluar melalui keringat yang muncul ketika kita mengonsumsi makanan pedas. Kandungan capsain ini, selain dapat mengontrol dan mencegah obesitas, juga bisa mencegah tubuh dari risiko beberapa penyakit seperti diabetes, darah tinggi, hingga penyakit kardiovaskuler.


Namun konsumsinya tetap harus diawasi, karena rasa pedas yang diciptakan cabai berbahaya bagi Anda yang memiliki organ pencernaan sensitif. Jika dikonsumsi berlebihan, bisa menyebabkan beberapa gangguan pencernaan seperti diare dan maag. (ren)


Baca juga:




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya