Pentingnya Medical Check-up untuk Hindari Gagal Ginjal

jantung / ginjal
Sumber :
  • istock
VIVA.co.id
Pengakuan Sahabat Soal Penyakit Pelawak Eko DJ
- Gagal ginjal adalah kondisi berkurangnya kemampuan ginjal untuk menyaring racun, zat sisa, dan cairan berlebih dari darah, yang terjadi secara perlahan-lahan di tubuh. Kondisi ini membuat terjadinya penumpukan cairan dan zat sisa racun.

Waspada Gejala Penyakit Ginjal Kronik

Gagal ginjal dapat berkembang menjadi kronis dan kian parah, kadang bahkan membutuhkan terapi cuci darah atau transplantasi ginjal. Pertanyaan yang sering muncul, apakah ada tingkatan atau stadium pada penyakit gagal ginjal?
Cara Mencegah Gagal Ginjal Sejak Dini


Dokter Aria Wibowo dari laman Meetdoctor menjelaskan, gagal ginjal ditentukan dari nilai laju filtrasi glomerulus, ureum, dan creatinin. Sedangkan solusi untuk orang yang mengalami gejala gagal ginjal, sebelum semuanya terlambat, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter.


“Banyak orang sering sepelekan hal ini, padahal medical check-up penting untuk segera deteksi gejala gagal ginjal. Terutama ke spesialis penyakit dalam, jika memiliki masalah dengan kondisi ginjal atau penyakit lainnya, yang mendasari risiko terjadinya gagal ginjal,” ujar Aria.


Ia mengatakan baiknya Anda banyak minum agar badan tercukupi dari sisi kebutuhan air. Hal ini efektif untuk menurunkan volume darah, sehingga aliran darah ke ginjal turun.


Lama-kelamaan, hal ini dapat mengganggu fungsi ginjal. Karena idealnya, kita harus mengonsumsi air putih delapan gelas sehari, atau sekitar 1,5 liter per hari.


Di sisi lain, kurangnya konsumsi air membuat darah kita lebih kental. Ginjal pun harus kerja ekstra untuk menyaring darah kental ini. (one) 


![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya