Beranda Login
img_title

Saipul Jamil

seniman
31 Juli 1980
s/d
Sekarang
img_title img_title
Dunia model mengantarkan Saipul Jamil ke panggung dangdut Indonesia. Ia pun mendapatkan popularitasnya di layar kaca yang tak lepas dari kisah kontroversinya.

Awal karier pria kelahiran tahun 1980 ini dimulai dengan menjadi model majalah remaja. Hobi menyanyi dangdut, Ipul salurkan di tengah-tengah kesibukannya sebagai model. Berduet bersama Ira Swara, menjadi tonggak Saipul di panggung dangdut Indonesia.

Duet Saipul Jamil bersama pedangdut Ira Swara pada tahun 2006 melambungkan namanya di dunia hiburan khususnya musik dangdut. Album yang menjagokan beberapa nomor termasuk 'Jujur' telah membuat duet ini merebut penghargaan SCTV Music Award  2006 pada kategori Album Dangdut Terbaik.

Setahun kemudian, lagu yang sama menjadi salah satu nominasi dalam penghargaan MTV Indonesia untuk kategori Best Dangdut. Saipul kemudian lebih dikenal sebagai artis dangdut ketimbang seorang model.

Dua tahun menikmati popularitas bersama Ira Swara mulai mendapatkan tantangan setelah hadirnya trio baru di panggung dangdut Indonesia, Trio Macan, di ajang SCTV Music Award 2008.

Melihat kariernya mulai "meredup", Ipul kemudian menggandeng artis sinetron, Ussy Sulistiawaty  untuk ikutan sebuah acara Selebritri Jam. Yakni sebuah lomba menyanyi dalam bentuk reality show yang menampilkan artis non penyanyi dan penyanyi. Di ajang ini, Ipul dan Ussy menyabet gelar juara.

Rupanya, duet Ipul-Ussy lebih mumpuni dan digemari daripada dua pasang saingan mereka, designer Ivan Gunawan-Ian Kasela, vokalis Radja, dan aktor Surya Saputra yang berpasangan dengan penyanyi senior Titiek Puspa.

Seiring popularitasnya, setelah berpacaran dalam waktu singkat, sekitar tiga bulan, Saipul menikah dengan sesama penyanyi dangdut, Dewi Persikk.  Mereka menikah 26 Mei 2005 di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sumber Sari, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Pernikahan yang baru berjalan setahun lebih mengalami konflik internal. Pada Agustus 2006, Saipul menggugat cerai sang istri ke Pengadilan Agama Jakarta Utara.

Sejak munculnya kasus ini, terkuak bahwa sebelum menikah dengan Dewi, Saipul pernah menjalin hubungan sangat dekat dengan penyanyi dangdut Citra Yunita. Perselisihan pengantin baru berujung damai setelah tiga kali persidangan.

Setahun berselang, September 2007 kembali rumah tangga Dewi-Saipul kena isu tak sedap. Mereka dikabarkan berpisah rumah selama tiga bulan. Saipul kemudian menjatuhkan talak pada Dewi pada 5 Oktober 2007. Kisruh rumahtangganya diikuti wafatnya ibunda Saipul.

Perseteruan rumah tangga keduanya sampai ke pengadilan agama. Saipul yang mengajukan gugatan cerai mempermasalahkan cara berpakaian Dewi yang terlalu terbuka dan ketat. Setelah menjalani beberapa kali sidang, Saipul dan Dewi dinyatakan resmi bercerai pada 14 Januari 2008.

Beberapa bulan bercerai dari sang istri, Ipul dan Dewi dipertemukan dalam film perdana Ipul. Di film berjudul Setan Budeg (2008), mantan pasangan kontroversial Ipul-Dewi mesti mempertontonkan kemesraan sebagai suami istri.

Pada awal Maret 2009, Ipul menuai kontroversi bersamaan dengan film keduanya, Pijat Atas Tekan Bawah. Ipul diduga melakukan pelecehan seksual terhadap lawan mainnya Kiki Fatmala. Ipul membantahnya.

Selain dunia film dan tarik suara, pria kelahiran tahun 1980 ini juga menjadi pemandu acara kuis dangdut Takdut di televisi swasta nasional Indosiar dan Kuis Heboh di ANTV.

Di tengah trend banyaknya artis yang terjun ke politik, membuat Ipul tergiur ke panggung politik. Dia mencoba peruntungannya dalam pemilihan kepala daerah Serang. Pada April 2008, Ipul mencalonkan diri menjadi calon wakil walikota tanah kelahirannya, Serang, Banten. 

Ipul yang diusung Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mendampingi Ruhyadi Kirtam Sanjaya. Namun, pasangan Ruhyadi-Saipul kalah telak oleh pasangan Bunyamin-Tb Haerul Jaman pada pilkada 10 Agustus 2009 silam.

Setelah lepas dari hiruk pikuk politik, nama Ipul kembali mencuat dalam berbagai pemberitaan. Pertengahan Agustus 2009, Ipul menjadi sasaran kemarahan seorang artis pedangdut baru Elisa.

Elisa melaporkan Ipul dengan tuduhan pencemaran nama baik dan penipuan karena menyalahi kontrak perjanjian. Elisa sedianya akan menelurkan album perdana bertajuk Hasrat Elisa yang dipromotori Ipul. Dalam album itu, Ipul dan Elisa menyanyikan lagu secara duet.

Elisa melaporkan Ipul pada 27 Agustus 2009 dengan tuduhan yang bisa membuat Ipul mendekam selama enam tahun di penjara. Tak terima dengan hal itu, Ipul balik melaporkan Elisa pada pertengahan September 2009. Belajar dari kasus yang menimpanya, Ipul merasa perlu menimba ilmu lebih dalam tentang hukum. Dia kemudian kembali mengeyam pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Bung Karno, Jakarta.

Terkait kehidupan pribadinya, setelah tiga tahun bercerai, Saipul menempuh hidup baru. Pada 10 Maret 2011 Saipul menikah dengan seorang paragawati Virginia Anggraeni. Proses akad nikah digelar di Masjid Istiqomah, Bandung, Jawa Barat.

Kebahagian Saipul tak bertahan lama. Istrinya meninggal pada 3 September 2011. Kendaraan yang ditumpangi istri dan keluarganya mengalami kecelakaan tunggal di jalan tol Cipularang, Bandung. Tragisnya yang mengendarai saat itu Saipul sendiri. Sementara dirinya selamat dari kecelakaan tersebut.

Namun, kasus kematian istrinya ternyata menyerat Saipul ke ranah hukum. Pada 20 September 2012, Saipul divonis 5 bulan penjara karena kelalainnya membawa kendaraan yang menyebabkan hilangnya nyawa istrinya.

Lagi-lagi di tengah popularitasnya sebagai penyanyi dangdut dan pembawa acara TV, Saipul tersandung kasus hukum. Pada 18 Februari 2016, Saipul dilaporkan ke Polres Kelapa Gading, Jakarta Utara, atas tuduhan percabulan anak di bawah umur dan dinyatakan sebagai tersangka. Ancaman hukumannya 5 hingga 15 tahun penjara dan denda Rp5 miliar.

Bak sudah jatuh tertimpa tangga, Saipul kembali diduga melakukan penyuapan kepada hakim panitera pengadilan Rohadi atas kasus pencabulannya. Pada 31 Juli 2017, Ipul divonis hukuman 3 tahun penjara dan denda 100 juta rupiah. Ia pun harus mendekam di rumah tahanan dengan kehilangan popularitasnya di dunia hiburan Indonesia. (LP/AC/DN)

   
KELUARGA     
Istri                         : Dewi Persik (bercerai, 2008)
????                       Virginia Anggraeni (Meninggal, 2011)
Orang Tua             : Hasyatul Hasanah
Saudara Kandung : Samsul Hidayatullah, Ella Alfulaila
 

PENDIDIKAN
SMU 18 Jakarta Utara
Fakultas Hukum, Universitas Bung Karno, Jakarta

KARIER
Diskografi
Duet Sang Bintang (bersama Ira Swara)
Reformasi Cinta(duet bersama Lilis Karlina) prod. MSM
Jalan Datar(kelompok Gaul) prod. MSM
Jujur(duet bersama Ira Swara) prod. Blackboard
Jomblo(single pop/new single album) prod. Remz Music Indonesia
Jangan Bilang-bilang(remix) cipt. Wawan, prod. eMusic Indonesia
Air Mata dan Doa(single) cipt. Farhat Abbas, prod. eMusic Indonesia
Virginia Bidadariku(single) cipt. HM. Yunus, prod. MaghmaMusica
Kesempatan Kedua(single) cipt. Rico Gomez, prod. MaghmaMusica
Munajat dan Sholawat(single) cipt. HM. Yunus, prod. MaghmaMusica
Dangdut Funky(single) cipt. Rico Gomez prod. MaghmaMusica
Suka Sama Suka(duet Fitri Karlina) prod. Nagaswara
Ratu Hatiku(single) cipt. Rico Gomez, prod. PRO Aktif

Filmografi
Setan Budeg (2008)
Pijat Atas Tekan Bawah (2009)
Arwah Kuntilanak Duyung (2011)

Presenter
Kuis Takdut di Indosiar
Kuis Heboh di ANTV
Kuis Heboh, ANTV (2009)
Grebek Nusantara, MNCTV (2009-2012)
Kembali Bergoyang, ANTV (2011)
Dangdut Fantastik, TVRI (2012)
Ngobrol Asik, ANTV (2013)
Udah Sahur Belum, KompasTV (2013)
Saatnya Kita Joged, TransTV (2014)
D'Academy (JURI), Indosiar (2014)
D'T3rong Show (JURI), Indosiar (2014)
SMS, Trans7 (2014)
Eatbulaga Indonesia, SCTV (2014)
D'QUIZ, Indosiar (2014)
Assalamualaikum D'T3rong Show, Indosiar (2014)
Sahurnya Ramadhan, TransTV (2014)
D'Academy 2 (JURI), Indosiar (2015)
Duo Pedang, GlobalTV (2015)
Goyang Pagi-Pagi, MNCTV (2015)
So Semprul (JURI), SCTV (2015)
INBOX, SCTV (2015)
D'Academy Asia (JURI), Indosiar (2015)
GENTARA (Host), MNCTV (2016)
Biang Rumpi (Co-Host), TransTV (2016)
D'Academy 3 (JURI), Indosiar (2016)

Sinetron
Maha Pengasih, Multivision (1999)
Janji Sepasang Merpati, Baskara Film (2000)
Opera Cinta, Soraya Film (2001)
Setetes Embun, Multivision (2002)
Adillah, Prod. Deddy Mizwar (2002)
Cinta Bujur Sangkar, Indosiar (2003)
Gengsi Gede-Gedean, Multivision (2003)
Sampeyan Muslim?, MD Entertainment (2011)
Bang Ipul Mencari Cinta, MNC Pictures (2012)
H. Medit, Screenplay Production (2013)
Mak Ijah Pengen ke Mekkah, AS Production (2014)

PENGHARGAAN
SCTV Award 2006 Kategori Album Dangdut Ngetop bersama Ira Swara
Nominasi Penghargaan MTV Indonesia 2006 untuk Kategori Best Dangdut
Artis/Penyanyi favorit Selebriti Jam pilihan Pemirsa ANTV 2006 bersama Ussy Sulistiawati
Artis/Penyanyi favorit Pemirsa Halo Selebriti SCTV 2010


Berita Terkait
Drama Saipul Jamil dan Ivan Gunawan: Maaf Diterima, Netizen Tetap Geram

Drama Saipul Jamil dan Ivan Gunawan: Maaf Diterima, Netizen Tetap Geram

Gosip

17 April 2024
Viral Candaan dengan Igun, Saipul Jamil: Kalau Mau Jaga Perasaan Korban Jangan Diungkit Lagi

Viral Candaan dengan Igun, Saipul Jamil: Kalau Mau Jaga Perasaan Korban Jangan Diungkit Lagi

Gosip

16 April 2024
Kasus Pelecehannya Jadi Bahan Candaan, Saipul Jamil: Siapa yang Bangga dengan Kejahatan?

Kasus Pelecehannya Jadi Bahan Candaan, Saipul Jamil: Siapa yang Bangga dengan Kejahatan?

Gosip

16 April 2024
Ramai Candaannya dengan Ivan Gunawan, Saipul Jamil Beri Klarifikasi

Ramai Candaannya dengan Ivan Gunawan, Saipul Jamil Beri Klarifikasi

Gosip

16 April 2024
Heboh Bacanda Soal Pencabulan, Netizen Ungkap Seruan Boikot Saipul Jamil

Heboh Bacanda Soal Pencabulan, Netizen Ungkap Seruan Boikot Saipul Jamil

Gosip

16 April 2024
Ivan Gunawan Minta Maaf Bercanda Soal Pencabulan, Dibela Deddy Corbuzier

Ivan Gunawan Minta Maaf Bercanda Soal Pencabulan, Dibela Deddy Corbuzier

Gosip

15 April 2024
Ivan Gunawan Minta Maaf Usai Bercanda Soal Kasus Pencabulan: Saya Mengaku Salah

Ivan Gunawan Minta Maaf Usai Bercanda Soal Kasus Pencabulan: Saya Mengaku Salah

Gosip

15 April 2024
Heboh! Ivan Gunawan dan Saipul Jamil Bikin Geram Netizen Gegara Candaan Pelecehan Seksual

Heboh! Ivan Gunawan dan Saipul Jamil Bikin Geram Netizen Gegara Candaan Pelecehan Seksual

Gosip

13 April 2024
Dewi Perssik Memantapkan Diri untuk Nikah Tahun Ini

Dewi Perssik Memantapkan Diri untuk Nikah Tahun Ini

Gosip

26 Januari 2024
Saipul Jamil Ingin Nikah Lagi, Cari Wanita Muda yang Masih Single

Saipul Jamil Ingin Nikah Lagi, Cari Wanita Muda yang Masih Single

Gosip

18 Januari 2024
Pedangdut Saipul Jamil Diusulkan Jadi Duta Anti Narkoba oleh Ketua BKN: Saya Siap

Pedangdut Saipul Jamil Diusulkan Jadi Duta Anti Narkoba oleh Ketua BKN: Saya Siap

Gosip

14 Januari 2024
Ditangkap Polisi, Begini Tampang Pemukul Asisten Saipul Jamil

Ditangkap Polisi, Begini Tampang Pemukul Asisten Saipul Jamil

Video

12 Januari 2024
Terkuak Identitas Pria Berjaket Polisi yang Ikut Tangkap Saipul Jamil

Terkuak Identitas Pria Berjaket Polisi yang Ikut Tangkap Saipul Jamil

Kriminal

12 Januari 2024
3 Polisi Langgar SOP saat Tangkap Asisten Saipul Jamil

3 Polisi Langgar SOP saat Tangkap Asisten Saipul Jamil

Metro

12 Januari 2024
Pengakuan 2 Pria Pemotor Ikut Sergap dan Pukuli Asisten Saipul Jamil

Pengakuan 2 Pria Pemotor Ikut Sergap dan Pukuli Asisten Saipul Jamil

Metro

12 Januari 2024
Polisi Tangkap 2 Pria Penganiaya Asisten Saipul Jamil saat Penyergapan Kasus Narkoba

Polisi Tangkap 2 Pria Penganiaya Asisten Saipul Jamil saat Penyergapan Kasus Narkoba

Metro

12 Januari 2024
Bukan Diboikot, Saipul Jamil Curiga Ada Orang yang Sengaja Melarangnya Tampil di TV

Bukan Diboikot, Saipul Jamil Curiga Ada Orang yang Sengaja Melarangnya Tampil di TV

Gosip

12 Januari 2024
Saipul Jamil Ternyata Sempat Nyesel Cerai dari Dewi Perssik: Cantik, Goyangnya Jago

Saipul Jamil Ternyata Sempat Nyesel Cerai dari Dewi Perssik: Cantik, Goyangnya Jago

Gosip

12 Januari 2024
Terpopuler: Peringkat Angkatan Laut RI di Dunia Gak Kaleng-kaleng, Anies Respons Manuver Khofifah

Terpopuler: Peringkat Angkatan Laut RI di Dunia Gak Kaleng-kaleng, Anies Respons Manuver Khofifah

Nasional

12 Januari 2024
Heboh Penangkapan Saipul Jamil, Pengamat Sebut Polri Harus Berbenah

Heboh Penangkapan Saipul Jamil, Pengamat Sebut Polri Harus Berbenah

Nasional

11 Januari 2024
Share :