Mira Lesmana
8 Agustus 1964 - Sekarang

Ayah ibunya terjun ke dunia tarik suara, Mira Lesmana memilih film. Ia pun menjadi produser tersohor dengan kualitas karyanya.

Mira Lesmanawati atau yang lebih dikenal sebagai Mira Lesmana lahir di Jakarta, 8 Agustus 1964. Ia adalah anak dari tokoh jazz ternama Indonesia, Jack Lesmana dan penyanyi senior tahun 60-an berdarah Jawa, Nien Lesmana. Mira Lesmana mempunyai seorang adik laki-laki, Indra Lesmana, yang juga seorang musisi jazz terkenal Indonesia.

Wanita yang sering dipanggil Mirles ini merupakan lulusan Institut Kesenian Jakarta. Ia dikenal sebagai produser bertangan dingin. Mirles memulai kariernya di sebuah perusahaan periklanan.

Sebelum akhirnya memilih berkarier sendiri, Mirles sempat menjadi co-producer di dalam film yang berjudul Ceh kucak Gayo di tahun 1995, kemudian dirinya mendirikan Miles Productions yang sekarang lebih dikenal dengan nama Miles Films, rumah produksi miliknya sendiri pada 1996 saat ia berumur 32 tahun. Lewat Miles Productions ini lah Mirles berkarya.

Film pertama yang ia sutradarai adalah film Kuldesak di tahun 1998, ia berkerja sama dengan sutradara handal lainnya seperti Riri Riza, Nan Achnas, dan Rizal Mantovani.

Dalam film ini, selain menyutradarai, ia ikut menulis dan meproduseri film tersebut yang kemudian menjadi salah satu tonggak sejarah perfilman Indonesia ketika dirilis.

Dua tahun setelah Kuldesak, Mirles kembali merilis dua judul film yang melambungkan namanya, yakni Petualangan Sherina dan Ada Apa Dengan Cinta? yang kemudian menjadi film box office nasional fenomenal saat itu.

Karakter Sherina, Rangga, dan Cinta melekat di hati peminat film-film Indonesia, sampai Petualangan Sherina dijadikan sebuah musikal teater dan Ada Apa Dengan Cinta dikabarkan akan menjadi trilogi, setelah film keduanya di tahun 2016 rilis.

Film-film fenomenal lainnya yang telah digarap Mirles adalah Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi, film yang penuh dengan moral dan pelajaran ini ia garap bersama sahabat dan juga partner sutradara Riri Riza.

Dibalik kemampuan cemerlangnya dalam membuat film-film sukses secara komersil, Mirles juga pernah menggarap beberapa karya-karya film yang lebih artistik dengan produksi yang lebih minim seperti Eliana Eliana, 3 Hari Untuk Selamanya, Atambua 39Celcius, dan Gie.

Keempat judul tersebut adalah kerjasama bersejarah hasil kolaborasi Mirles dan juga Riri Riza yang telah menarik perhatian dan sejumlah penghargaan di kancah internasional. Film biografi ibunda Wakil Presiden Jusuf Kalla, Athirah yang diproduseri oleh Mirles juga memborong 6 piala di Festival Film Indonesia 2016, penghargaan untuk Film Terbaik.

Film ini bahkan ada versi internasionalnya yang diberi judul Emma (Mother), dan melanglangbuana di festival film Vancouver, Busan, Tokyo, Vesoul, Melbourne dan Iran.

Beralih ke kehidupan pribadinya, wanita yang pernah mengidap polip di pita suara ini, menikah dengan aktorMathias Muchus di tahun 1990. Keduanya dikaruniai dua orang anak laki-laki yang bernama Galih Galinggis dan Kafka Keandre.

Produser kondang ini mempunyai sebuah hobi yaitu traveling. Mirles kerap mengunggah potret-potret keindahan berbagai tempat yang ia kunjungi saat dirinya mengeksplor lewat akun Instagram miliknya yang kini mempunyai 165 ribu followers.

Pada tahun 2017, perempuan berumur 53 tahun ini tengah menggarap film terbaru yang berjudul Humba Dreams bersama sutradara Riri Riza. Ia juga dikabarkan tengah menggarap film anak dengan partner-nya itu yang berjudul Kulari Ke Pantai. (SFR/AA/DN) (Photo: Instagram/mirles)


KELUARGA
Orang Tua : (alm) Jack Lesmana dan (alm) Nien Lesmana
Suami : Mathias Muchus
Anak : Galih Galinggis, Kafka Keandre

KARIER
Filmografi
Ceh Kucak Gayo (1995) (co-producer)
Kuldesak (1998) (sutradara)
Petualangan Sherina (2000) (produser)
Ada Apa Dengan Cinta? (2002) (produser)
Eliana, Eliana (2002) (co-producer)
Rumah Ketujuh (2003) (produser)
The Year of Living Vicariously (2005) (produser eksekutif)
Gie (2005) (produser)
Garasi (2006) (produser)
3 Hari Untuk Selamanya (2007) (produser)
Laskar Pelangi (2008) (produser)
Sang Pemimpi (2009) (produser)
Sokola Rimba (2013) (produser)
Pendekar Tongkat Emas (2014) (produser)
Ada Apa Dengan Cinta 2 (2016) (produser)
Athirah (2016) (produser)